APA ITU GENERASI GIGIH?

Generasi GIGIH dirancang oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa dan GoTo sebagai solusi bagi talenta teknologi muda Indonesia untuk mengikuti industri teknologi yang berkembang cepat.

Melalui pelatihan kompetensi dan cara berpikir yang tepat, kami ingin menghasilkan talenta teknologi yang kritis, gigih, tangguh, dan berdaya saing tinggi, sehingga mampu menghadapi tantangan masa depan.

Program ini diharapkan bisa membantu mempercepat transformasi digital sekaligus menjadikan teknologi sebagai pembawa perubahan positif di Indonesia.

Generasi GIGIH, lampaui batas untuk membuat perubahan.

KENAPA KAMU HARUS GABUNG
GENERASI GIGIH 2.0?

Kompetensi Lengkap Terkini
Paket kompetensi lengkap teknis dan non-teknis agar peserta siap kerja sesuai kebutuhan industri terkini.

Kurikulum Masa Depan
Kurikulum teknologi yang fundamental untuk menghadapi tantangan hari ini dan perkembangan teknologi masa depan.

Perubahan Pola Pikir
Metode pembelajaran socratic dan flipped learning yang melatih peserta untuk memiliki pola pikir yang tepat dan kritis.

Pengalaman Kerja
Kesempatan merasakan dunia kerja lewat magang ataupun tawaran bekerja dari mitra industri.

APA YANG DIDAPAT DARI
GENERASI GIGIH 2.0?

Belajar kompetensi teknis, soft skill, bahasa Inggris, yang dibuat oleh pakar industri.

Pembelajaran backend, frontend dan data, difasilitasi langsung oleh para Product Engineer dan Data Heroes dari GoTo dan mitra Industri.

Berkesempatan dapat pengalaman magang berbayar di mitra industri atau mengerjakan capstone project untuk menghasilkan inovasi.

Dapat sertifikasi dari Generasi GIGIH untuk memaksimalkan peluang bekerja di mitra industri.

Program senilai Rp 10 juta ini bisa didapatkan gratis atas kolaborasi Generasi GIGIH dan Kampus Merdeka.

Khusus peserta Kampus Merdeka, program ini bisa dikonversi dengan 20 SKS di semester genap.

APAKAH KAMU
GENERASI GIGIH 2.0?

  • Dapat berkomitmen untuk mengikuti pembelajaran di hari kerja selama setidaknya 12 jam per minggu sesuai jadwal dan mengerjakan tugas.
  • Tidak sedang bekerja dalam bentuk apapun (magang/kontrak/paruh waktu/permanen), dan tidak sedang mengikuti program studi teknologi serupa
  • Memiliki akses komputer dan koneksi internet

  • Lulusan tahun 2021 dari SMK atau universitas manapun di Indonesia
  • DAFTAR DI SINI

  • Mahasiswa aktif semester 5-8 di universitas di Indonesia yang terdaftar di PDDikti
  • DAFTAR DI SINI

    *Semua calon partisipan yang mendaftar baik melalui platform Generasi Gigih ataupun Kampus Merdeka, akan tetap menjalani proses seleksi dan keseluruhan program yang sama.

    LINIMASA GENERASI GIGIH

    1

    PENDAFTARAN DIBUKA

    23 Desember 2021

    2

    PENUTUPAN PENDAFTARAN

    Kampus Merdeka: 20 Januari 2022 pukul 23.59 WIB
    Publik: 31 Januari 2022 pukul 23.59 WIB

    3

    PROSES SELEKSI DAN PENGUMUMAN

    21 Januari - 7 Februari 2022

    4

    PROSES PEMBELAJARAN, MAGANG, DAN CAPSTONE PROJECT

    28 Februari-29 Juli 2022

    Tanggal dapat berubah sewaktu-waktu.
    Mohon untuk terus pantau halaman ini untuk dapat informasi terbaru.

    APA KATA MEREKA

    Mohammad Naufal
    Alumni Generasi Gigih 1.0

    Generasi Gigih berikan ilmu teknologi yang mendasar termasuk cara berpikir yang tepat. Bikin saya lebih agile beradaptasi menggunakan macam-macam tools di mana pun saya Kerja di masa depan.

    Bagas Yanuar
    Alumni Generasi Gigih 1.0

    Saya gabung Generasi GIGIH karena saya mau ningkatin value diri saya. Ternyata ilmu yang saya dapat itu ilmu dasar dan guideline yang bikin saya gampang belajar teknologi lain, dan program ini terbukti bikin gampang dapat kerjaan

    Maharani Inas
    Alumni Generasi Gigih 1.0

    Sebelum ikutan Generasi GIGIH, aku belum kebayang path career aku seperti apa. Namun kini, setelah mengikuti jalur Data Analyst Generasi GIGIH, aku jadi lebih paham apa yang perlu aku pelajari dan siapkan untuk menempuh karir sebagai Data Analyst. Terlebih lagi aku bahkan dapat ngerasain pengalaman magang jadi lebih tahu real case seperti apa.

    Ekki Syam
    Alumni Generasi Gigih 1.0

    Sebagai seseorang yang suka bagaimana sebuah sistem berjalan, Generasi GIGIH jalur Backend Engineer sangat membantu saya dalam pemahaman lebih dalam dengan peningkatan critical thinking serta dasar berfikit dalam pemograman. Disini juga saya mendapatkan softskill seperti berkomunikasi hingga mendapatkan relasi.

    Hendrik Lesmana
    Alumni Generasi Gigih 1.0

    Gabung di Generasi GIGIH memberikanku gambaran bagaimana teknologi di dunia profesional sehingga membuatku lebih percaya diri untuk bisa terjun dengan bekal growth mindset, hardskill, serta relasi yang aku dapatkan di sini.

    Ardiansyah Halim
    Alumni Generasi Gigih 1.0

    Sebagai lulusan SMK, aku berniat untuk tidak langsung kuliah. Melalui Generasi GIGIH jalur Frontend, aku merasakan adanya peningkatan skill teknikal ku, semakin lancar berbahasa Inggris, dan bertemu dengan teman-teman baru melalui program ini.

    Nadya Fauziah
    Alumni Generasi Gigih 1.0

    Generasi GIGIH bisa provide aku untuk belajar lebih banyak tentang data. Dan visi generasi gigih juga bisa ngejawab apa yang aku raguin saat itu, yaitu kesempatan untuk bisa berkarir di bidang data meskipun aku masih awam tentang data. GIGIH ngajarin aku untuk punya growth mindset, dan berpikir luas. Hal ini ngebantu banget untuk aku yang masuk ke bidang data untuk melihat data dari sisi yang luas.

    BAGI ANDA YANG SUDAH JADI
    BAGIAN DARI
    EKOSISTEM DIGITAL

    Mitra Industri

    Anda adalah perusahaan/ startup yang membutuhkan talenta teknologi. Bersedia memberikan pengalaman magang 3 bulan kepada Backend Engineer, Frontend Engineer, ataupun Data Analyst.

    Kontributor

    Anda adalah individu yang bersemangat untuk berbagi pengetahuan dan membimbing ribuan calon talenta teknologi muda Indonesia.

    F.A.Q

    Kampus Merdeka Final Administrative Process (khusus peserta jalur Kampus Merdeka)

    Program akan dimulai tanggal 28 Februari - 29 Juli 2022. Namun, technical class baru akan dilaksanakan tanggal 7 Maret. Untuk itu pada saat mengisi periode studi independen di platform Kampus Merdeka silakan isi tanggal 28 Februari - 29 Juli 2022.

    Jika kamu tidak bisa mengganti periode program, silakan isi form berikut ini agar dapat dibukakan akses untuk mengubah periode program: http://bit.ly/FormPenggantianPeriodeGG

    Dokumen boleh ditandatangani secara digital menggunakan Docusign. Sedangkan untuk tanda tangan orang tua, boleh menggunakan tanda tangan hasil scan. Sebagai catatan, bila kamu didapati memalsukan tanda tangan, konsekuensinya SK kamu akan dicabut dan kamu tidak dapat berpartisipasi lagi dalam kegiatan Kampus Merdeka.

    Tidak apa-apa jika template surat tidak sama asalkan dalam surat rekomendasi tersebut sudah mencakup informasi berikut:
    1. Nama mahasiswa
    2. NIM
    3. Prodi
    4. Semester
    5. IPK
    6. Tanda tangan pejabat kampus
    7. Cap kampus
    Jika ada informasi yang tidak tercantum di surat rekomendasi yang sudah ada, kamu perlu kembali mengontak pihak kampus agar bisa memberikan surat rekomendasi dengan informasi yang lengkap.

    Kamu bisa mengunggah surat-surat yang sudah ditandatangani oleh kamu dan orang tua terlebih dahulu jika proses mendapatkan TTD pihak kampus melebihi tenggat waktu. Silakan email estimasi kapan surat rekomendasi dan SPTJM kamu selesai mendapat TTD kampus ke programs@anakbangsabisa.org

    SPTJM hanya boleh ditandatangani oleh pejabat level kampus seperti wakil rektor bidang akademik atau bidang kemahasiswaan. Kamu dapat mengunggah SPTJM sementara yang sudah diberi materai dan TTD mahasiswa dan orang tua/wali. Lalu, silakan email estimasi kapan SPTJM kamu selesai ditandatangani pihak kampus ke programs@anakbangsabisa.org

    Tanda tangan orang tua pada SPTJM boleh diwakilkan (TTD basah) atau menggunakan tanda tangan digital seperti Docusign atau hasil scan.

    Jika sebelumnya kamu hanya mengupload SPTJM yang berisikan TTD kamu dan orang tua, lalu sekarang kamu sudah mendapat TTD dari pihak Kampus, silakan upload kembali surat-surat tersebut ke dalam form yang sama.

    Tidak apa-apa selama kamu tidak perlu mengambil mata kuliah lagi. Pada Surat Rekomendasi poin 3, kampus boleh menambahkan kalimat “... dan konversi maksimal 20 SKS…” Jika masih ada mata kuliah yang perlu diambil, kami memperbolehkan mahasiswa untuk mengambil mata kuliah tersebut dengan catatan, mahasiswa mendapat 5 jam/minggu untuk fokus pada kegiatan kuliah dan tetap berkomitmen penuh di Generasi GIGIH 2.0.

    Kami menyarankan mahasiswa untuk tidak mengambil mata kuliah atau kelas karena program Generasi GIGIH 2.0 sudah cukup padat (setara 20 SKS atau 900 jam pembelajaran). Namun, jika masih ada mata kuliah wajib yang perlu diambil, kami memperbolehkan mahasiswa untuk mengambil mata kuliah tersebut dengan catatan, mahasiswa mendapat 5 jam/minggu untuk fokus pada kegiatan kuliah dan tetap berkomitmen penuh di Generasi GIGIH 2.0.

    Kelas akan diadakan Senin-Jumat (5 kelas/minggu) dengan durasi 2-3 jam/kelas ditambah waktu mengerjakan tugas dan membaca materi belajar sebelum kelas (estimasi 4 jam/minggu), serta self-pace learning (Bahasa Inggris dan coding) selama 3 jam/minggu. Kelas akan selalu diadakan di atas pukul 17.00 WIB dan sebisa mungkin tidak ada kelas di akhir pekan.

    Mahasiswa tidak diperkenankan untuk lulus (yudisium/wisuda) selama program Generasi GIGIH 2.0 berlangsung (Februari-Juli 2022). Kamu bisa mengundurkan diri dari program ini dengan mengirim email ke programs@anakbangsabisa.org dengan format:

    Judul: Surat Pengunduran Diri Studi Independen Generasi GIGIH 2.0
    - Nama Mahasiswa:
    - E-mail:
    - Universitas
    - Prodi:
    - Alasan mengundurkan diri:
    Catatan Penting: Remove/cancel applicants akan merugikan mahasiswa karena kamu akan kehilangan kesempatan untuk lamaran di perusahaan lain, untuk itu perlu adanya alasan yang kuat dan perlu didiskusikan dengan tim YABB.

    Pendaftaran

    Generasi GIGIH 2.0 merupakan bagian dari Kampus Merdeka Studi Independen. Pendaftar yang masih menjadi mahasiswa aktif semester 5-8 di perguruan tinggi yang terdaftar di PDDikti, bisa langsung mendaftar di platform Kampus Merdeka 23 Desember 2021-20 Januari 2022. Bagi yang sudah lulus dari universitas (meskipun tidak terdaftar di PDDikti) dan SMK, bisa langsung mendaftar di platform Generasi GIGIH mulai 27 Desember 2021-31 Januari 2022. Semua calon partisipan yang mendaftar baik melalui platform Generasi GIGIH ataupun Kampus Merdeka, akan tetap menjalani proses seleksi dan keseluruhan program yang sama.

    Pertama, kamu mesti liat kamu memenuhi kriteria Kampus Merdeka atau tidak. Kalau kamu mahasiswa aktif semester 5-8 langsung daftar di platform Kampus Merdeka, untuk yang tidak termasuk bisa langsung daftar di platform Gen GIGIH. Kedua, mendaftar dari platform manapun akan tetap harus melalui proses pendaftaran dan tes di Kalibrr. Ada 2 tes prioritas yaitu Basic Programming Aptitude dan Logical Reasoning. Ketiga, kalau kamu lulus seleksi, kamu akan mendapat tawaran dari Generasi GIGIH, dan kamu butuh untuk terima tawaran tersebut agar kamu terkonfirmasi.

    Proses seleksi untuk pendaftaran lewat Kampus Merdeka sudah langsung berjalan sejak Desember 2021. Pendaftar ditutup 20 Januari dan akan diumumkan beberapa hari setelah kamu mendaftar, sehingga kamu punya waktu untuk memasukan program ini sebagai 20 SKS mu. Silakan dilengkapi surat rekomendasi dari kampus mu, tapi ini bisa menyusul setelah pendaftaran ya.

    Generasi GIGIH gratis untuk semua peserta yang lolos seleksi karena keseluruhan program dibiayai oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa dan Kampus Merdeka. Tidak ada biaya yang perlu dikeluarkan oleh peserta dari program registrasi sampai selesai. Tetapi, kamu harus menyediakan komputer dan koneksi internet sendiri karena semua kegiatan akan diadakan secara remote.

    Bisa. Kamu perlu konfirmasi di email programs@anakbangsabisa.org menyertakan ID di Kampus Merdeka, NIM, serta surat pernyataan. Namun proses ini akan memakan waktu.

    Silabus akan dibagikan pada akhir Januari. Tunggu email dari GenerasiGIGIH.

    Syarat Partisipasi

    Karena proses belajar butuh 12 jam per minggu maka peserta Generasi GIGIH tidak bisa dalam keadaan bekerja dalam bentuk apapun (magang/kontrak/paruh waktu/permanen) supaya kamu bisa fokus di dalam program.

    Kamu bisa mendaftar melalui jalur publik. Karena program Kampus Merdeka hanya untuk mereka yang masih berstatus sebagai mahasiswa aktif selama program berlangsung.

    Tidak bisa, karena kami akan langsung memetakan pendaftar berdasarkan track yang sudah dipilih.

    Generasi GIGIH bisa diikuti oleh semua pihak dari jurusan apapun. Silakan ikuti tes pendaftaran program ini supaya tahu kesiapan kamu untuk belajar teknologi. Kalau kamu memiliki background Ilmu Komputer dan sejenisnya kamu akan menjadi prioritas.

    Bisa. Kalau kamu adalah lulusan SMK dan belum terdaftar di perguruan tinggi, kamu bisa daftar melalui platform pendaftaran Generasi GIGIH. Kalau kamu sekarang ada di semester 5-8, kamu bisa daftar melalui platform pendaftaran Kampus Merdeka.

    Karena proses belajar butuh 12 jam per minggu maka peserta Generasi GIGIH tidak bisa dalam keadaan menjalankan kelas kuliah yang masih padat supaya kamu bisa fokus di dalam program. Kalau kamu mau mendaftar lewat Kampus Merdeka pun ada syaratnya harus semester 5-8.

    Kami membuka kesempatan untuk siapapun ikut terlibat dalam program. Bila kamu perusahaan/ startup, silakan daftar menjadi industry partner, dan bila kamu individu, bisa bergabung menjadi kontributor.

    Perjalanan Program

    Ada tahapan onboarding dimana kamu akan bersiap-siap. Tahap Pembelajaran dimana kamu akan belajar di kelas virtual. Tahap Akhir dimana kamu mempraktikan ilmu yang kamu dapat lewat capstone project ataupun magang. Kalau kamu sudah resmi jadi peserta, kamu bisa mengikuti keseluruhan program dari awal sampai tahap akhir, karena tidak ada penyisihan/ eliminasi.

    Kalau kamu mengundurkan diri di tengah-tengah program, akses mu terhadap semua materi pembelajaran di program ini akan diambil dan kamu tidak akan mendapatkan sertifikat Progate, Cakap, maupun Generasi GIGIH. Kedepannya, kamu juga tidak akan diprioritaskan di program YABB lainnya.

    Di tahap akhir, kamu akan mempraktikan ilmu yang sudah didapat selama 3 bulan melalui 2 jalur: capstone project (sebuah proyek yang akan kamu kerjakan menggunakan case yang relevan dengan industri) atau magang. Apapun nanti jalur yang diambil, akan terhitung ke dalam 20 SKS yang dikonversi. Proses penentuan jalur ini nanti ada penilaiannya, tunggu detailnya sampai kita onboarding ya.

    Tidak. Kami akan menggunakan platform online jadi tidak diperlukan spesifikasi tertentu untuk gawai yang digunakan untuk proses pembelajaran. Pastikan terdapat koneksi internet saat melakukan proses pembelajaran.

    Selama di tahap proses pembelajaran kamu akan menghabiskan setidaknya 12 jam per minggu untuk mengikuti jadwal kelas di hari kerja. Ketika magang, kamu akan bekerja sehari penuh di mitra industri YABB mengikuti jam kerja yang ditentukan. Maka dari itu, program ini direkomendasikan untuk kamu yang tidak sedang bekerja secara profesional di perusahaan lain atau mahasiswa aktif yang tidak perlu menghadiri kelas kuliah (karena sudah konversi 20 SKS ke program ini).

    Kelas tatap muka ada di weekday dan akan dilaksanakan di waktu sore hari. Sebisa mungkin tidak ada kelas di weekend.

    Tentu saja! Kamu akan mendapatkan gaji selama waktu magang. Detail tentang jumlah gaji hanya akan diberitahukan peserta magang.

    Bagi peserta Kampus Merdeka akan mendapatkan uang saku dari Kemdikbud.

    Kamu akan bekerja penuh waktu di partner industri YABB dibawah awasan mentor dari YABB. Selama magang kamu akan diberikan project nyata yang akan kamu kerjakan dalam tim. Kamu harus mempresentasikan project mu dalam showcase yang akan dihadiri oleh mentor dan partner industri YABB secara regular. Showcase ini akan menjadi salah satu parameter untuk asesmen kelulusanmu dalam program, bersamaan dengan seberapa baik kamu mengimplementasikan apa yang kamu pelajari di program pada project mu.

    Kamu akan mendapatkan sertifikat kelulusan program dari Yayasan Anak Bangsa Bisa. Dalam sertifikat tersebut akan disebutkan kompetensi apa yang kamu dapatkan.

    Powered By
    Strategic Partner
    Innovation Partners
    Community Partners